Kerajinan Tradisional Payung Juwiring Mulai Merambah ke Tempat Wisata

Klaten, Mitrapost.com – Kerajinan tradisional paying Juwiring, mulai merambah ke tempat wisata, hiasan rumah, hingga hotel.

Paying Juwiring merupakan kerajinan payung lukis khas Klaten, Jawa Tengah. Paying ini berbahan kertas dan dilukis dengan warna dan corak yang menarik.

Tepatnya di Dukuh Gumantar, Tanjung, Juwiring, Klaten terdapat salah satu pusat kerajinan payung lukis tradisional yaitu paguyuban Payung Lukis Tradisional Ngudi Rahayu.

“Kerajinan payung lukis ini sudah ada sejak tahun 1960-an, masyarakat disini dulu secara turun temurun menekuni profesi sebagai pengrajin payung hias. Dulu payung ini awalnya digunakan sebagai perlengkapan upacara kematian dan ritual adat di Keraton Kasunanan Surakarta,” kata Ngadiyakur, saat ditemui di Desa Tanjung, Juwiring, Klaten, (16/11/2021).

Baca Juga :   Pasca Idul Fitri, Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah

Namun, seiring dengan pekembangan zaman pengrajin payung tradisional, merubah kegunaan fungsi payung untuk hiasan dan perlengkapan dekor, biasanya payung juwiring dijadikan aksesoris di hotel, warung makan, tempat wisata dan hiasan rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati