oleh

Cegah Penyebaran Omicron, Masa Karantina Masuk Indonesia Ditambah

Mitrapost.com – Sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona varian Omicron, pemerintah menambah masa karantina jika memasuki wilayah Indonesia.

Adapaun penambahan masa karantina bagi orang yang datang dari luar negeri adalah selama 10 hari, dimana sebelumnya masa karantina hanya berlangsung selama 7 hari.

Kebijakan ini sebagai langkah antisipasi untuk mencegah penularan virus Corona varian baru yakni Omicron yang sudah mulai tersebar di Afrika Selatan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menerangkan. kebijakan tersebut berlaku untuk warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA) yang baru tiba dari negara-negara yang dilarang.

“Sesuai arahan Presiden, masa karantina bagi WNA dan WNI pelaku perjalanan dari negara-negara di luar 11 negara yang dilarang masuk, kemudian ditambah menjadi 10 hari dari yang sebelumnya hanya 7 hari,” ujar Luhut dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga :   Covid-19 Varian Omicron Dipastikan Belum Terdeteksi di Indonesia

Luhut menerangkan, kebijakan tersebut mulai berlaku pada Jumat (3/12/2021) esok. Namun, pemerintah akan terus mengevaluasi secara berkala.

“Kebijakan ini akan terus dievaluasi secara berkala sambil kita memahami virus varian baru ini,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Luhut juga menyebut bahwa pemerintah resmi melarang pejabat untuk bepergian ke luar negeri. Aturan ini berlaku untuk seluruh lapisan jabatan, terkecuali bagi mereka yang melaksanakan tugas negara.

“Pejabat negara juga termasuk dilarang untuk melakukan perjalanan ke luar negeri,” pungkas Luhut. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Komentar

Berita Terkait