Gerakan Sabuk Gunung, Selamatkan Ratusan Mata Air di Temanggung

Temanggung, Mitrapost.com – Pemerintah bersama masyarakat kabupaten Temanggung melaksanakan Gerakan Sabuk Gunung, yang merupakan gerakan penanaman pohon di lereng Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau.

Melalui gerakan tersebut, diharapkan dapat memperlambat laju kerusakan lingkungan, yang mengakibatkan menyusutnya debit ratusan mata air di wilayah tersebut.

“Ini merupakan misi menyelamatkan lingkungan hidup, sebab jika tidak dipelihara akan berpengaruh pada generasi penerus. Sekarang semua desa mengeluh debit mata air menyusut, mati kalau tidak dimulai sekarang akan berpengaruh terhadap lingkungan, dan keberlangsungan hidup generasi penerus,” ujar Bupati Temanggung HM Al Khadziq, saat kegiatan Gerakan Ansor Menanam Pohon, di Desa/Kecamatan Kledung, Rabu (1/12/2021).

Bupati mengatakan, bersyukur bisa memulai gerakan penanaman pohon ini, karena sebagai langkah awal konservasi di Kabupaten Temanggung. Terlebih, saat ini masyarakat mulai mengeluhkan sejumlah sumber mata air yang mati, dan banyak mata air yang turun debitnya.