Musim Tanam Pertama, Petani Rembang Diminta Waspada Serangan Hama

Rembang, Mitrapost.com – Jelang musim tanam pertama, Dinas Pertanian Kabupaten Rembang imbau masyarakat untuk mewaspadai adanya serangan penyakit dan hama pada tanaman.

Musim tanam pertama sudah dimulai sejak bulan November 2021. Beberapa kecamatan di Kabupaten Rembang sudah melakukan tanam pertama padi mereka, salah satunya yaitu Kecamatan Kaliori.

Dalam musim tanam pertama ini masyarakat tetap diminta untuk waspada terhadap organisme pengganggu tanaman (OPT) dan hama yang menyebabkan gagal panen.

Hama yang sering menyerang tanaman padi di Kabupaten Rembang yaitu penggerek tanaman dan wereng.

Perlu diketahui, penggerek tanaman berasal dari adanya siklus alam yaitu kupu-kupu yang bertelur di batang tanaman. Sedangkan wereng adalah hama penghisap cairan tanaman sehingga jika dibiarkan akan menurunkan kualitas hasil panen.

Baca Juga :   Atasi Hama Penggerek Batang, Petani Desa Wotan Terapkan Electric Light Trap

“Kalau di Rembang mungkin yang perlu diwaspadai dua itu tadi ya, ada penggerek tanaman dan wereng. Selama ini di Rembang kebanyakan kasusnya itu,” kata Desti Muryadi selaku Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang pada Rabu (01/12/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati