oleh

Tahapan Seseorang Terinfeksi Varian Omicron

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com – Ahli mengungkap varian Omicron dapat menular lebih cepat dari varian Covid-19 lainnya.

Namun, laporan resmi pertama Inggris menyebut risiko rawat inap terkait Omicron hanya 50 hingga 70 persen lebih rendah dibanding Delta.

Berikut lima tahapan seseorang terinfeksi Varian Omicron:

1. Kontak dengan orang terinfeksi

Kebanyakan orang tak tahu kapan tertular virus corona varian ini. Apalagi virusnya bisa masuk hanya dengan menghirup udara yang terkontaminasi.

Orang lebih besar risikonya untuk tertular Covid-19 saat terlalu lama berada di dalam ruang tanpa ventilasi yang baik.

Banyak orang beranggapan bahwa interaksi yang mereka lakukan dengan orang lain aman karena orang lain tersebut tak tampak sakit.

Untuk mencegah penularan Covid-19, pertemuan dengan orang yang tidak tinggal serumah akan lebih baik dilakukan di ruang terbuka. Kunci dasar dalam melindungi diri dari ancaman Covid-19 adalah vaksinasi Covid-19 lengkap dan juga booster bila perlu.

Baca Juga :   Suka Makanan Manis Tapi Takut Berisiko Penyakit, Berikut 5 Alternatifnya

Langkah lain yang harus dilakukan adalah menggunakan masker yang baik dengan benar, menjaga kebersihan tangan, dan menghindari kerumunan serta tempat-tempat berisiko.

2. Gejala timbul sekitar dua atau tiga hari

Varian Omicron lebih cepat memunculkan gejala daripada varian Alpha maupun Delta.

Meski begitu, tak semua orang akan merasakan gejala selama tubuhnya berjuang melawan infeksi virus. Kebanyakan orang tidak merasakan sakit sama sekali dalam beberapa hari pertama sehingga tak sadar bahwa virus sedang berada dalam masa inkubasi.

3. Terasa sakit ketika gejala awal mulai muncul

Orang yang terinfeksi varian Omicron banyak yang merasakan sakit pinggang, berkeringat pada malam hari, dan rasa gatal di tenggorokan.

Baca Juga :   7 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Ada juga yang mengalami sakit kepala, nyeri badan, meler, bersin, mual, dan kehilangan nafsu makan. Tentunya, tiap orang akan merasakan gejala yang berbeda.

4. Ketika menjalani tes setelah mengalami gejala-gejala

Kemungkinan besar hasilnya akan positif. Inggris merekomendasikan warganya untuk melakukan rapid lateral flows terlebih dahulu dan melanjutkan dengan tes PCR kalau hasilnya positif.

Meski begitu, ada kalanya tes lateral flows dapat luput mengenali infeksi. Oleh karenanya, orang yang bergejala direkomendasikan untuk menjalani tes PCR untuk memastikan.

5. Isolasi ketika terkonfirmasi positif Covid-19

Ketika mulai mengembangkan gejala Covid-19. Orang yang positif Covid-19 perlu mengisolasi diri selama tujuh hari.

Kelima tahapan ini tidaklah baku. Orang bisa saja melewatkan beberapa tahap dan terbukti positif Covid-19 saat dites.

Baca Juga :   Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Koordinasi di Setiap Lini Diperkuat

Secara umum, orang akan merasakan seperti terkena flu yang berat ketika terinfeksi varian Omicron. Kondisinya akan membaik setelah hari ketujuh isolasi.

Meski begitu, orang bisa saja masih akan merasa lemah selama sepekan setelahnya. Berdasarkan laporan, kasus infeksi omicron lebih ringan gejalanya daripada jenis lainnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar