Bibit Nila Salin di Pati Didominasi dari Luar Daerah

Pati, Mitrapost.com – Kabid Perikanan dan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati, Dwi Endang Subekti menyebut saat ini Pati tengah darurat benih ikan nila lokal.

Untuk memenuhi kebutuhan benih petambak lokal, Pati sejauh ini seringnya mendatangkan benih dari luar daerah.

Kondisi ini menyebabkan Pati menjadi ketergantungan dengan benih dan membuat keuntungan di sisi petambak kurang optimal.

“Kendala budidaya nila salin, faktor kecukupan benih, sementara kita ini kebutuhan benih masih keluar daerah. Kita belum bisa mencukupi sendiri, ” Kata Endang saat diwawancara kemarin, pada Rabu (12/1/2022).

Kondisi ini tentunya sangat disayangkan mengingat Kabupaten Pati memiliki potensi budidaya ikan nila salin yang cukup lumayan besar.

Baca Juga :   Semarakkan Ramadan, Komunitas Otomotif Pandawa Berbagi dengan ODGJ

Hampir semua kecamatan di Pati mempunyai petambak budidaya ikan nila air tawar. Luas tambaknya se-Kabupaten Pati ditaksir mencapai sekitar 1.350 hektare. Dengan produktivitas 3-5 ton per hektare setiap panen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati