oleh

Cara Cepat Hafal Al Quran

Mitrapost.com – Al Quran menjadi bagian yang penting bagi umat Islam, bahkan banyak orang yang ingin menghafal Al Quran. Berikut cara menghafal Al Quran dari Ustaz Adi Hidayat.

Perlu diketahui sebelumnya, penghalan Al Quran tentu harus diawali dengan penguasaan huruf-huruf hijaiyah, isyarat bacaan, tanda baca, serta ilmu tajwidnya.

Allah SWT berfirman dalam surat Al Qamar ayat 17;

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا ٱلْقُرْءَانَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ

Artinya: “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?.” (QS. Al Qamar: 17).

Dilansir dari YouTube Adi Hidayat Official, pada Rabu (12/1/2022) mengungkapkan terkait dengan cara menghafal Al Quran dengan cepat.
“Sifat hafal dan lupa itu fitrah kehidupan,” jelas Ustaz Adi Hidayat, Lc., MA.

Dalam hal ini, ia menuturkan bahwa perilaku lupa itu dibagi menjadi dua, lupa yang mempunyai sikap terpuji dan lupa yang disebabkan karena perilaku maksiat. Adapun lupa dalam sikap tersebut dianggap untuk meringankan beban kehidupan dan lupa yang dicela. Kemudian terkait dengan lupa maksiat ini, perbuatan maksiat ini akan berdampak pada jauhnya hubungan kita pada Allah SWT dan nilai-nilai kehidupan. Orang yang banyak maksiat suka lupa salat dan membaca Al Quran.

Baca Juga :   Lonjakan Covid-19 di Rembang, Sumber Jadi Penyumbang Kasus

Ustaz Adi memberikan contoh menghafal Al Quran. “Jadi ada kondisi tertentu orang ini enggak maksiat tapi ketika menghafal Al Quran kok ‘susah’. Ternyata diantaranya ada hikmah rahmat Allah SWT diantaranya untuk memberikan tambahan pahala kepadanya dengan mengulang apa yang telah dia tadi usahakan untuk dihafalkan. Jadi yang dinilai oleh Allah itu ikhtiar kita untuk menghadirkan Al Quran itu hadir dalam jiwa kita berdasarkan kemampuan menghafalkan kita, bukan berapa banyak halaman yang dihafalkan, bukan berapa juz yang telah dihafalkan tetapi berapa banyak ikhtiarnya,” beber Ustaz Adi Hidayat.

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja yang membaca satu huruf dari Al Quran, maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat kebaikan.” (HR. At-Tirmidzi).

Baca Juga :   Kuku Kuat dan Sehat, Perhatikan 3 Faktor Ini

Rumus tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan bagaimana perjuangan saat menghafal Al Quran tidak hanya cukup dibaca satu kali namun beberapa kali.

“Kata Allah urusan menghafal itu gampang bagi Allah itu mudah. Mungkin sekarang berjuang 1-2 bulan sulit, tiba-tiba bisa terjadi dalam sebulan berikutnya bisa 30 juz hafal jika Allah berkehendak untuk memudahkan. Tapi ada sesuatu hikmah yang besar Allah ingin berikan. Semakin banyak pahala semakin tinggi peluang mendapatkan rahmat dari Allah SWT, paling minimal untuk dosa.” jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ia juga menjelaskan terkait denagn rumus pahala dan dosa, ketika pahalanya sepuluh, dosanya sembilan maka ditutup nih pahala tinggal satu lagi. Jadi kalau berbuat dosa lagi seimbang, karena itu ada rumus cepat dalam beramal.

Baca Juga :   6 Cara Alami Kecilkan Perut Buncit dan Turunkan Berat Badan

“Rumus cepat yang cerdas dalam beramal adalah kumpulkan amalan-amalan, kerjakan amalan-amalan yang sekiranya mudah dilakukan tapi pahalanya banyak. Baca Al Quran itu diantaranya misalnya Al-Fatihah. Ketika Anda menghafal Al Quran pahami dulu rumusnya, semua kita syukuri. Rumus cepatnya Allah SWT melihat prosesnya pada ikhtiarnya setelah itu yang terjadi Allah akan berikan kita kemudahan,” pungkas ustaz Adi Hidayat.

Barang siapa yang berusaha menghafal Al Quran dengan baik dan bersemangat, maka Allah SWT akan memberikan pahala yang jumlahnya dua kali lipat. (*)

Artikel ini telah tayang di Detik Edukasi dengan judul “”Cara Cepat Menghafal Al Quran agar Tidak Mudah Lupa dari Ustaz Adi Hidayat”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Komentar

Berita Terkait