Cara Cepat Hafal Al Quran

Mitrapost.com – Al Quran menjadi bagian yang penting bagi umat Islam, bahkan banyak orang yang ingin menghafal Al Quran. Berikut cara menghafal Al Quran dari Ustaz Adi Hidayat.

Perlu diketahui sebelumnya, penghalan Al Quran tentu harus diawali dengan penguasaan huruf-huruf hijaiyah, isyarat bacaan, tanda baca, serta ilmu tajwidnya.

Allah SWT berfirman dalam surat Al Qamar ayat 17;

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا ٱلْقُرْءَانَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ

Artinya: “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?.” (QS. Al Qamar: 17).

Dilansir dari YouTube Adi Hidayat Official, pada Rabu (12/1/2022) mengungkapkan terkait dengan cara menghafal Al Quran dengan cepat.
“Sifat hafal dan lupa itu fitrah kehidupan,” jelas Ustaz Adi Hidayat, Lc., MA.

Baca Juga :   Lonjakan Covid-19 di Rembang, Sumber Jadi Penyumbang Kasus

Dalam hal ini, ia menuturkan bahwa perilaku lupa itu dibagi menjadi dua, lupa yang mempunyai sikap terpuji dan lupa yang disebabkan karena perilaku maksiat. Adapun lupa dalam sikap tersebut dianggap untuk meringankan beban kehidupan dan lupa yang dicela. Kemudian terkait dengan lupa maksiat ini, perbuatan maksiat ini akan berdampak pada jauhnya hubungan kita pada Allah SWT dan nilai-nilai kehidupan. Orang yang banyak maksiat suka lupa salat dan membaca Al Quran.