oleh

Ratu Kalinyamat Perempuan Perintis Antikolonialisme, Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

Jepara, Mitrapost.com – Ratu Kalinyamat yang merupakan perempuan perintis antikolonialisme 1549-1579, diusulkan sebagai pahlawan nasional.

Surat rekomendasi naskah akademik Ratu Kalinyamat, untuk pengusulan gelar pahlawan nasional ini telah ditandatangani Bupati Jepara Dian Kristiandi di kantornya, Kamis (13/1/2022).

“Saya ucapkan terima kasih kepada tim pakar yang sudah menyelesaikan tugasnya, juga Yayasan Dharma Bakti Lestari yang sudah melaksanakan sejak awal proses penyusunan naskah akademik Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional,” kata Andi, sapaan akrabnya.

Disampaikan, tidak hanya pemerintah pusat yang akan memberikan gelar pahlawan nasional, tapi warga masyarat pun juga harus ikut meneladani sosok Ratu Kalinyamat. Mulai dari kehidupan masyarakatnya, keberaniannya, hingga sifat-sifat keibuan yang dimiliki.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Menurun, Jepara Masuk PPKM Level 1

“Semangat Ratu Kalinyamat ini harus diwariskan kepada anak cucu kita, sebagai pemersatu bangsa,” ungkapnya.

Ketua Tim Pakar Ratu Kalinyamat Prof Ratno Lukito menyampaikan, setelah naskah akademik ditandatangani bupati, akan diajukan secara berjenjang mulai dari tingkat provinsi, hingga ke tingkat pusat untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Disampaikan, penelitian naskah akademik Ratu Kalinyamat tersebut sudah dimulai sejak 2018. Setelah dilakukan kajian akademik, naskah tersebut diberikan judul Ratu Kalinyamat Perempuan Perintis Antikolonialisme 1549 – 1579.

Naskah akademik tersebut, lanjutnya, ditulis dengan mendasarkan riset kualitatif yang melibatkan sejarawan, arkeolog, arsiparis juga para akademisi dari Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara dan University of Porto, Portugal. Tim pakar juga berhasil menemukan delapan sumber primer dari Portugal.

Baca Juga :   Program Smart City di Jepara Akan Berlaku Mulai Tahun Depan

“Sumber primer inilah, yang memperkuat bukti-bukti ketokohan Ratu Kalinyamat sebagai perintis antikolonialisme pada masanya,” kata dia. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral