oleh

Vaksinasi Anak Turunkan Risiko Penularan Covid-19

Batang, Mitrapost.com – Vaksinasi anak usia 6-11 tahun, dinilai bisa menurunkan risiko penularan Covid-19. Sebagaimana disampaikan oleh dokter Spesialis Anak, Tan Evi Susanti.

Ia mengatakan, dari sudut pandang kesehatan anak, vaksinasi tersebut memang harus dilakukan sesegera mungkin.

“Anak-anak bisa jadi salah satu sumber penularan Covid-19, meskipun kebanyakan dari mereka tanpa gejala. Namun dia bisa menularkan ke orang tuanya, bahkan kakek dan neneknya,” katanya, saat ditemui, di RS QIM Kabupaten Batang, Jumat (14/1/2022).

Menyikapi terdapat beberapa anak yang mengalami komorbid atau penyakit penyerta, dr. Evi sapaan akrabnya menanggapi bahwa tergantung dari penyakit anak itu.

“Jadi tidak semua pasien Komorbid terus tidak diimunisasi, tapi dilihat jenis penyakitnya. Misalnya, anak penderita Diabetes Melitus tipe satu, sepanjang terkontrol, bisa divaksinasi,” jelasnya.

Baca Juga :   Sragen Menyabet Juara Umum IDSD Tingkat Jawa Tengah

Selian itu, penyakit Thalasemia atau kelainan darah, selama kondisi tubuh sehat, dan telah ditransfusi darah, maka divaksinasi.

Yang perlu diperhatikan justru apabila ada anak yang menderita penyakit yang membutuhkan imunosupresan atau golongan obat yang digunakan untuk menurunkan sistem kekebalan tubuh.

“Andai kata ada anak yang mengalami HIV/AIDS dan kanker, pemberian vaksin dapat ditunda sampai selesai menggunakan obat tersebut dan menunggu imunitas membaik,” ungkapnya.

Ia menegaskan, masa pengobatan bisa mencapai 3-5 bulan. Maka untuk mengantisipasi agar tidak mudah terpapar Covid-19, perlu menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Semoga seluruh anak di Kabupaten Batang bisa tervaksinasi dan capaiannya meningkat, jadi tidak ada kekhawatiran,” tegasnya.

Baca Juga :   Pemkab Sragen Gelar Vaksinasi Bagi Pekerja Pabrik

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batang dua pekan pelaksanaan vaksinasi anak di sejumlah SD masih mencapai 26,24%. Sedangkan capaian vaksinasi dosis pertama masyarakat umum 75,73% dan lansia 66,42%. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com . Mari bergabung di Grup Telegram "Mitrapostcom_Official", caranya klik link https://t.me/Mitrapostcom_Official, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar

Berita Terkait