Musim Tanam Pertama, Pati Kekurangan Pupuk NPK

Pati, Mitrapost.com – Memasuki masa panen musim tanam pertama (MT-1) penyaluran pupuk subsidi di Kabupaten Pati sudah hampir rampung. Dalam evaluasinya Kabid Prasarana dan Sarana (PSP) Kabupaten Pati, Sugiharto mengatakan Pemkab Pati belum mampu memenuhi kebutuhan pupuk subsidi jenis NPK.

Tercatat dari 68.364 ton pupuk NPK yang diajukan Pemkab melalui Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), Pemprov Jawa Tengah hanya mampu memenuhi 26.248 tonnya, atau bisa dikatakan baru terealisasi 34,43 persen dari kebutuhan petani.

“Yang kita waspadai adalah yang kurang yaitu di NPK baru 43,3 persen. Ini menjadi terendah diantara pupuk subsidi yang lain. Ini menjadi perhatian kita. Karena ini pupuk utama di komoditas tanmaan pangan padi dan tebu,” ungkap Sugiharto saat di wawancarai awak media di kantor Dinas Pertanian kemarin.

Baca Juga :   Pupuk Subsidi di Rembang Mulai Langka, Begini Respon Bupati

Ia menjelaskan bahwa pupuk NPK di kalangan petani adalah yang paling dicari. Pasalnya pupuk jenis ini adalah salah satu yang fundamental di pertanian. NPK merupakan pupuk majemuk yang mempengaruhi pertumbuhan biji hingga buah, sehingga sangat menentukan produktivitas panen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati