Melalui Pasar Tani, Nasib Petani Rembang Terselamatkan

Rembang, Mitrapost.comPasar Tani menjadi agenda rutin yang diadakan Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang setiap dua minggu sekali. Melalui Pasar Tani inilah petani mendapat keuntungan lebih besar dibanding dengan penjualan ke tengkulak.

Kegiatan rutin tersebut diikuti oleh seluruh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan di Kabupaten Rembang. Dengan total 14 BPP, produk yang dijual di Pasar Tani sangat beragam.

Iin selaku Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) BPP Kecamatan Sarang menilai penjualan di Pasar Tani ini merupakan momen untuk selamatkan harga produk pertanian dari tengkulak. Sebab di Pasar Tani ini, petani bisa menjajakan dengan harga murah akan tetapi keuntungan yang didapatkan jauh lebih besar.

Baca Juga :   Tahun Baru, Pemimpin Baru, Begini Harapan Nelayan Rembang

“Kalau ke tengkulak itu kan biasanya rantai pemasarannya lebih panjang ya, jadi harga di pasar lebih tinggi. Kalau di sini kita jual lebih murah, sekitar Rp1.000 sampai Rp3.000 dari harga pasar,” terangnya.

Hari ini, Jum’at (11/3/2022), BPP Kecamatan Sarang kembali menjajakan produk pertanian dan peternakan mereka berupa cabai, terong, dan telur yang merupakan produk dari petani lokal di wilayahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati