Fogging Kurang Efektif Cegah DBD, Dinas Kesehatan Kudus Utamakan PSN

Kudus, Mitrapost.com – Fogging hanya berfungsi membunuh nyamuk Aedes Aegypti dewasa, sedangkan jentik-jentik nyamuk akan tetap berkembang. Maka dari itu Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus lebih menganjurkan masyarakat untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) supaya nyamuk penyebab DBD tidak berkembang biak.

Menurut Ririn Wardani Zuhruf selaku Staf Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) DKK Kudus, fogging dinilai kurang efektif sebab tidak semua nyamuk akan mati terkena insektisida. Diduga nyamuk yang tidak mati akan menjadi kebal (resisten).

“Kan fogging kurang efektif karena nyamuk memiliki mobilitas tinggi, dia pasti kabur dia bisa terbang 200 meter,” jelasnnya ketika diwawancarai oleh Mitrapost.com, Selasa (22/3/2022).

Sedangkan jika melakukan PSN nyamuk yang ada di genangan air akan hilang. Sebab jika jentik nyamuk itu tumbuh dewasa akan membawa virus dengue turunan dari induknya.

Baca Juga :   Jelang Bulan Ramadan, Satpol PP Kudus Musnahkan Ribuan Miras

“Transovarial jadi dari nyamuk dewasa menurun ke jentik-jentik yang pasti positif membawa virus dengue,” tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati