oleh

Tahap I ASO, Blora Segera Beralih ke TV Digital

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Blora, Mitrapost.com – Masuk Tahap I analog switch off (ASO), kabupaten Blora segera beralih ke siaran TV digital.

Terkait dengan pemberhentian siaran TV analog menjadi digital, para camat dan lurah di wilayah kabupaten Blora diminta untuk melakukan sosialisasi dengan masyarakat.

Blora akan memasuki tahapan I ASO, dengan peralihan dari siaran analog ke digital, mulai 30 April 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah melalui Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Agung Hariyadi, pada kegiatan nonton bareng layar tancap dan pertunjukan rakyat, di Pendapa Kecamatan Blora, Selasa (29/3/2022).

Disampaikan, untuk bisa menikmati siaran digital, masyarakat tidak harus mengganti TV, namun cukup dengan menambah perangkat agar TV bisa menerima frekuensi digital. Mengingat Kabupaten Blora masuk tahap I ASO, Agung meminta masyarakat segera menyiapkan diri dengan perubahan teknologi tersebut.

Baca Juga :   Ditutup Karena Pegawai Positif Covid-19, Disdukcapil Blora Kembali Buka Layanan

“Mungkin mulai sekarang sudah bisa nyicil beli set top box (STB) yang bersertifikasi dari Kominfo. Itu harganya kisaran Rp250 ribu hingga Rp270 ribu (per unit),” jelas Agung.

Ia juga mengungkapkan, banyak kelebihan yang bisa diperoleh dengan adanya siaran TV digital. Mulai dari kualitas gambar yang jernih, hingga manfaat dari early warning system kebencanaan, yaitu dapat menerima informasi kebencanaan secara real time.

“Sehingga itu menjadi perhatian kita ketika nanti ada potensi kebencanaan, kita bisa melakukan hal-hal persiapan atau preventif untuk pencegahan,” imbuhnya.

Ditambahkan, terdapat kebijakan dari pemerintah pusat, yaitu alokasi sebanyak 7 juta unit STB yang akan dibagikan secara nasional. Namun, pembagian itu khusus bagi masyarakat kurang mampu dan yang memiliki TV tabung.

Baca Juga :   Dinkominfo Blora Adakan Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal bersama Karangtaruna

“Itu yang menjadi skala prioritas yang akan menerima set top box secara gratis. Dan itu oleh pusat yang kerja sama dengan PT Pos, yang akan menyalurkan secara langsung,” jelasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora Pratikno Nugroho menyampaikan, peralihan TV analog ke TV digital dibisa dihindarkan. Sebab, era sekarang ini adalah eranya transformasi digital, yang mana sudah merambah ke banyak aspek.

“Tantangan ke depan ini merupakan suatu tantangan yang harus kita hadapi, harus kita lakukan, dan harus kita siapkan,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat dapat mempersiapkan ketersediaan sarana TV yang ada di rumah. Khususnya belum mempunyai TV digital, bisa segera mencari informasi di mana bisa membeli STB.

Baca Juga :   Thethek, Tradisi Bangunkan Sahur yang Masih Membumi

Sebagai informasi, mengingat masih pandemi Covid-19, nonton bareng layar tancap dan pertunjukan rakyat diselenggarakan secara hybrid. Hanya undangan, yakni sejumlah camat dan lurah yang mengikuti secara langsung di Pendapa Kecamatan Blora. Sementara, masyarakat umum bisa mengikuti melalui kanal Youtube Kominfo Jateng. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar