Awal Mula Penyebaran Kristen di Tanah Jawa

Mitrapost.com – Kapan waktu masuknya ajaran Kristen di Indonesia masih menjadi teka-teki. Riset terkuat menyebutkan ajaran kristiani masuk ke daratan Nusantara pada abad ke-7 Masehi.

Awalnya ajaran tersebut dibawa oleh orang-orang Portugis dan Belanda saat melakukan ekspedisi di Indonesia. Melalui daerah Barus, pantai barat Sumatera Utara, orang-orang Kristen Nestorian tiba ke Indonesia setelah bertolak dari Timur Tengah untuk mencari rempah-rempah.

Bukti ini dikuatkan dari adanya episkopat Suriah yang berdiri di Sumatera pada abad ke-7.

Kedatangan Portugis pada abad ke-16 di Maluku membawa babak baru masuknya Kekristenan lewat pintu penginjilan. Orang-orang Maluku pun tertarik mengikuti ajaran ini sehingga banyak di antara mereka memeluk agama Katolik. Gereja-gereja pun banyak berdiri di Maluku.

Baca Juga :   Gelombang Air Laut Tinggi di Jawa hingga Papua

Selain bangsa Portugis, ajaran Kristus juga dibawakan oleh bangsa Belanda. Bangsa Belanda pun berhasil menjangkau Maluku dengan aliran Kalvinisme.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati