Tradisi Unik 8 Daerah di Indonesia Saat Lebaran

Mitrapost.com – Setelah sebulan lamanya berpuasa, akan disambut dengan perayaan Idulfitri. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam merayakan Idulfitri ini.

Begitupun yang terjadi pada setiap daerah di Indonesia, yang juga memiliki tradisi khusus untuk merayakan hari raya Idulfitri.

  1. Meugang atau Makmeugang

Tradisi yang berasal dari Aceh ini dilakukan dengan menyembelih ratusan hewan, seperti halnya sapi atau kambing.

Tradisi ini tidak hanya dilakukan sekali dalam setahun, namun sebanyak tiga kali. Diantaranya adalah Ketika Idulfitri, Idul Adha, dan Ramadan.

Tradisi meugang di desa biasanya dilakukan satu hari sebelum hari raya. Sedangkan untuk di kota, biasa berlangsung dua hari sebelum hari raya.

Baca Juga :   Kisah Nabi Adam AS dan Keistimewaannya

Sejumlah warga biasanya memasak daging yang telah disembelih di rumah masing-masing, kemudian membawanya ke masjid, untuk selanjutnya makan bersama tetangga dan warga lainnya.

  1. Bakar Gunung Api

Tradisi unik yang berasal dari Bengkulu ini dilakukan dengan membakar batok kelapa yang telah ditumpuk hingga menggunung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati