oleh

Mengenal Salat Taubat dan Tata Cara Pelaksanaannya

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com – Salat taubat merupakan salat yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja ketika seseorang ingin bertaubat kepada Allah SWT. Tentu kecuali di waktu-waktu yang memang diharamkan untuk melaksanakan salat.

Karena salat taubat sendiri tidak memiliki waktu khusus dalam pelaksanaan, maka salat ini menjadi salah satu sarana yang paling bisa dilakukan umat Islam dalam meminta ampunan selain melalui doa.

Salat taubat bisa juga disebut salat istighfar. Karena esensi dari bacaan istighfar adalah untuk memohon ampunan.

Keutamaan bagi para umat manusia yang melaksanakan salat taubat ini akan diampuni dosa-dosanya, diangkat derajatnya, serta dipermudah dalam segala urusannya.

Cara untuk melakukan salat taubat sendiri diawali dengan menbaca niat salat taubat yaitu ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala. Bacaan niat ini memiliki arti, “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”

Baca Juga :   Doa Minta Ketenangan Pikiran Saat Dilanda Galau

Apabila Anda ingin menunaikan salat ini, caranya tidak jaug berbeda dengan pelaksanaan salat sunah pada umumnya. Yaitu dilakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam.

Lebih diutamakan untuk melakukan salat ini secara sendirian atau tidak berjamaah. Hal ini dikarenakan, salat taubat sendiri merupakan salat nafilah yang tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara bersama-sama.

Setelah Anda melaksanakan salat taubat, sangat dianjurkan untuk memperbanyak bacaan istighfar. Bacaan tersebut tidak hanya sekedar diucapkan, namun dibaca dengan ditujukan untuk memohon ampunan dari Allah SWT.

Anda dapat membaca istighfar sebanyak 100 kali sambil meresapi artinya dalam hati. Bacaan istighfar yang diucapkan setelah mengerjakan salat taubat adalah astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaih.

Bacaan tersebut memiliki arti, “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Baca Juga :   Perlu Dihindari, Ini Penyebab Jerawat pada Kulit

Setelah membaca istigfar, maka bacaan Anda dilanjutkan dengan membaca doa setelah salat taubat seperti yang diajarkan oleh Rasullah SAW.

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.”

Doa ini memiliki arti, “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Baca Juga :   Aneka Tanaman Hias Sebagai Pembersih Udara dalam Ruangan

Itulah penjelasan mengenai salat taubat dan tata cara pelaksanaanya. Bagi siapapun yang ingin bertaubat, Allah selalu membuka pintu ampunan. Maka jangan ragu untuk bertaubat kapanpun Anda ingat. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar