oleh

Penyakit Mulut dan Kuku Mewabah, Masyarakat Diimbau Selektif Konsumsi Daging Sapi

Mitrapost.com – Penyakit mulut dan kuku (PMK) mulai mewabah di beberapa wilayah, oleh karenanya masyarakat diimbau untuk lebih selektif dalam mengonsumsi daging sapi.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Ia juga menjelaskan bahwa penyakit mulut dan kuku yang menyerang ternak sapi, tidak akan menular ke manusia.

Sehingga untuk saat ini, masih aman untuk mengonsumsi daging sapi. Akan tetapi, masyarakat tetap diminta untuk selektif dalam mengonsumsi daging sapi.

Termasuk memilah bagian-bagian dari sapi. Hal tersebut karena tidak semua bagian tubuh sapi, aman untuk dikonsumsi, terutama di tengah merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku.

Mentan juga mengungkapkan bahwa terdapat beberapa bagian daging ternak yang berpotensi terdapat virus PMK.

Baca Juga :   Harga Daging Sapi Menurun, Dewan Pati Harap Penurunan Tak Lampaui Ambang Batas

“Virus ini tidak menular manusia, dagingnya masih aman dikonsumsi dengan aman oleh manusia. Namun ada beberapa bagian yang harus dihindari,” tutur Mentan dalam pernyataannya, di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Sebagai informasi, virus PMK yang menyerang beberapa bagian tubuh hewan, seperti mulut dan kuku dari hewan ternak.

Maka, Mentan tidak menyarankan masyarakat tidak mengonsumsi daging di bagian Mulut, dan Kaki Sapi. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral