Mengenal Penyakit Cacar Monyet dan Gejalanya

Mitrapost.com – Penyakit cacar monyet yang telah menyebar di beberapa negara, mendorong WHO untuk mengeluarkan peringatan adanya monkeypox atau cacar monyet.

Beberapa negara yang terdeteksi adanya virus ini yaitu Amerika Serikat. Beberapa ahli mengatakan jika virus cacar monyet ini memiliki kemungkinan menyebabkan pandemi.

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus ini masih masuk dalam keluarga cacar air. Pada tahun 1958, wabah ini pertama kali ditemukan pada koloni monyet yang sengaja dipelihara untuk diteliti. Kemudian wabah ini pun dinamakan monkeypox karena menjangkiti para monyet.

Pada tahun 1970, kasus cacar monyet ini ditemukan pada manusia untuk pertama kali di Republik Demokratik Kongo (DRC). Sejak saat itu wabah ini dilaporkan menjangkit orang-orang Afrika tengah dan barat.

Baca Juga :   Panduan Penggunaan Masker dengn Baik dan Benar

Gejala dari virus ini biasanya akan terlihat setelah 5 hingga 21 hari. Gejala cacar monyet yang terjadi biasanya yaitu demam, nyari otot, sakit punggung, sakit kepala yang kronis, dingin disertai batuk, panas dingin, dan adanya pembengkakan getah bening.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati