Sejarah Perumusan Dasar Negara ‘Pancasila’

Mitrapost.com – Pancasila adalah dasar negara bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Pancasila menjadi pedoman hidup warga negaranya dalam bermasyarakat.
Penamaan Pancasila terdiri dari bahasa sansekerta yaitu “Panca” berarti ‘lima’ dan “syla” berarti ‘batu sendi’ atau ‘alas dasar’, dicetuskan oleh Ir. Soekarno.

Pancasila dirumuskan pertama kali dalam sidang BPUPKI pada 29 Mei 1945 – 1 Juni 1945. Karena itulah, maka tanggal 1 Juni 1945 diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia adalah sebuah badan yang dibentuk oleh Jepang.

Pancasila dirumuskan oleh tiga tokoh nasional Indonesia saat sidang BPUPKI berlangsung. Ketiga tokoh tersebut berperan penting dalam perumusan Pancasila yang hingga saat ini masih menjadi dasar negara kita.

Baca Juga :   Mengenang Peristiwa Rengasdengklok Kala Soekarno-Hatta Diculik

Ketiga tokoh tersebut adalah Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno.

Perlu diketahui, Ir. Soekarno merupakan tokoh penting Indonesia, ia merupakan presiden pertama di Indonesia. Sedangkan, Mohammad Yamin dikenal sebagai seorang sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, dan ahli hukum. Dan yang terakhir Soepomo, ia dikenal sebagai tokoh ahli hukum dan pahlawan nasional Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati