Konservasi dan Pelestarian Candi Borobudur Terus Dilakukan

Magelang, Mitrapost.com – Konservasi dan pelestarian candi Borobudur terus dilakukan. Upaya ini merupakan langkah penyelamatan objek wisata tersebut.

Meski konservasi terus dilakukan, namun pihak Balai Konservasi Borobudur (BKB) meminta masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian candi Borobudur. Salah satunya dengan tidak melakukan aksi vandalisme.

Juru Pelihara BKB Bramantara mengatakan, pihaknya terus melakukan kegiatan perawatan Candi Borobudur. Di antaranya, melakukan pemantauan (monitoring) untuk memastikan apakah terjadi perubahan atau tidak pada Candi Borobudur.

“Secara fisik, di lapangan kita melakukan pemeliharaan rutin satu tahun sepanjang hari, mulai dari pembersihan yang sifatnya mekanis, terkait beberapa (pembersihan) tumbuhan tingkat tinggi,” kata Bramantara di kantornya, kompleks Candi Borobudur, Magelang, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga :   Meski Pandemi, Kebutuhan Kantong Darah PMI Magelang Terpenuhi

Pihaknya juga melakukan riset untuk konservasi, sebagai upaya menemukan metode terkait bahan-bahan yang akan digunakan. Salah satunya, menggunakan minyak atsiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati