Menjelang Iduladha, Dintanpan Siaga Hadapi Wabah PMK

Rembang, Mitrapost.com – Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) kabupaten Rembang siaga menghadapi wabah PMK yang masih menyebar.

Hal ini disebabkan karena wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit hewan ternak khususnya sapi, tak kunjung hilang dan sudah berlangsung sekitar sebulan lamanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) kabupaten Rembang Agus Iwan Haswanto menjelaskan, wabah penyakit PMK di Rembang, kebanyakan terjadi pada hewan sapi, dengan penularan yang sangat cepat .

Ia mengatakan, wabah PMK di Rembang sedikit mengkhawatirkan. Dengan penularan yang sangat cepat tersebut, pihaknya lantas melakukan penanganan intens di lapangan.

“Pihak kami sudah melaksanakan penanganan intens di lapangan sekaligus pencegahan penularan dengan penutupan pasar, penyemprotan desinfektan dan lain sebagainya,” kata Agus saat ditemui wartawan mitrapost.com, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga :   Sebanyak 180 motif Batik Lasem Akan Dapat Hak Cipta

Sementara itu, penutupan pasar hewan Pamotan telah dilakukan pihaknya, dikarenakan wabah PMK terus menerus menjangkit hewan sapi di pasar ini.

Lebih lanjut, untuk persiapan Iduladha, pihaknya melakukan penyemprotan desinfektan kandang dan melakukan pembersihan peralatan secara berkala setelah selesai digunakan.

Serta melakukan desinfeksi lingkungan sekitar kandang secara berkala menggunakan deterjen atau desinfektan dengan cara membersihkan area kandang, mencuci peralatan, kendaraan, serta bahan-bahan lain yang memungkinkan penularan PMK.

Ia juga menambahkan, untuk persiapan Iduladha akan memetakan dulu kebutuhan berdasarkan potensi ketersediaan sapi lokal.

“dan pada kantong- kantong sapi siap kurban melakukan pengawasan intens. Untuk kesehatan sapi, pihak kami melakukan penyemprotan disinfektan, pengobatan dan lain sebagainya,” terangnya. (*)

Baca Juga :   Mensos Risma Jenguk Anak Pengidap Tumor Tulang di Rembang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral