Hari Pertama Internasional Mask Festival 2022 Berlangsung Meriah

Solo, Mitrapost.com – Hari pertama International Mask Festival 2022 yang berlangsung pada Jumat (17/6/2022) di Pendapa Prangwedanan, Pura Mangkunegaran, Solo berlangsung meriah.

Meskipun kondisi sekitar venue diguyur hujan deras, ratusan masyarakat terlihat antusias menyaksikan salah satu pagelaran seni topeng tersebut.

Adapun acara pertama dimulai dengan pemukulan alat musik kenong oleh Ibu R.Ay. Irawati Kusumorasri (Founder IMO) dan Ibu Rizki Handayani (Deputi Bidang Produk Wisata dan Events Kemenparekraf) sebagai tanda pembukaan IMF 2022.

Sebagai informasi, IMF tahun ini mengangkat tema Marvelous Mask yang memiliki makna mendalam dan filosofis.

“Tahun ini IMF hadir dengan pesan khusus Marvelous Mask yaitu tentang topeng yang menakjubkan dan mengagungkan. Topeng yang telah ribuan tahun mewarnai kehidupan manusia. Ini sebagai ekspresi dunia dimana seni topeng telah mengandung nilai nilai ideologi, edukasi dan dan ekonomi. Kebanggaan akan budaya nusantara serta meningkatkan nilai ekonomi sebagai produk budaya. Nilai-nilai manfaat itulah yang diimplementasikan dalam panggung IMF agar topeng memiliki nilai daya guna,” kata Irawati Kusumorasri selaku Founder.