Kenali Perilaku Impulsif dan Cara Mengatasinya

Mitrapost.com  – Tanpa sadar kita sering bertindak tanpa ada rencana dan tanpa memikirkan konsekuensinya atau memiliki perilaku impulsif.

Perilaku semacam ini umumnya dimiliki oleh anak-anak karena mereka belum mengerti cara menyampaikan emosi dengan benar dan belum bisa meredam dorongan (impuls) yang ia rasakan.

Namun pada orang dewasa, perilaku impulsif juga bisa terjadi sesekali. Contohnya saat di mal, kita cenderung membeli barang yang diinginkan padahal sedang berhemat. Jika perilaku impulsif terjadi sesekali, maka tidak ada masalah. Namun jika hal tersebut terus terjadi dalam setiap tindakan, maka itu perlu diwaspadai.

Perilaku impulsif ini bisa disebut gangguan psikologis jika semakin sering muncul atau terasa sulit untuk dikendalikan.

Seseorang dengan perilaku impulsif akan bertindak sesukanya tanpa menyadari bahwa perilakunya dapat menimbulkan konsekuensi. Saat muncul dorongan untuk melakukan sesuatu, seperti berbelanja, maka orang tersebut akan langsung melakukannya tanpa berpikir panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati