oleh

Minat Mendaftar Sekolah Madrasah di Pati Tahun Ini Naik 3 Persen

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Kepala Seksi Pendidikan Madrasah kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati, Ruhani mengklaim minat pelajar untuk mendaftar ke lembaga pendidikan sekolah madrasah di Pati tahun ini meningkat.

Namun demikian, ia belum bisa menyebutkan secara pasti berapa angka terkait. Namun jika dipresentasikan, kenaikan tersebut bisa sampai 3 persen. Jumlah ini bisa bertambah mengingat proses PPDB di madrasah masih digelar hingga bulan Juli mendatang.

“Kalau mencermati siswa baru tahun ini jumlahnya belum terekam semuanya. Tapi setiap tahun kalau saya mencermati ada kenaikan 1-3 persen,” kata Ruhani saat ditemui di kantornya kemarin.

Kenaikan jumlah pendaftar ini utamanya terjadi di sekolah madrasah yang berbasis boarding school atau pondok pesantren.

Baca Juga :   DPRD Pati Dukung Pemerintah Salurkan BSU bagi Karyawan

“Untuk saat ini madrasah yang berbasis boarding yang mempunyai pondok pesantren membludak sekali. Bahkan mereka mulai kesulitan menolak siswa berbasis boarding,” imbuhnya.

PPDB yang diselenggarakan secara hybrid, yaitu online dan offline tahun ini juga turut mempengaruhi tingginya pendaftar sekolah madrasah.

PPDB daring memudahkan para orang tua mendaftarkan anaknya hanya dengan menggunakan perangkat smartphone, terlebih bisa mengurangi biaya operasional karena tidak harus datang ke tempat tujuan.

Tidak hanya mendaftar saja yang meningkat, jumlah sekolah madrasah di Pati juga tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Hingga saat ini Kemenag Pati telah menaungi sebanyak 646 lembaga madrasah dari jenjang Raudhatul Athfal (RA) setingkat TK, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Setingkat SD, Madrasah Tsanawiyah (MTs) setingkat SMP, dan Madrasah Aliyah (MA) setingkat SMA/SMK.

Baca Juga :   Konflik Valentino Simanjuntak vs Netizen, Terdapat 30 Akun yang Dimonitoring

“Kita ada 646 madrasah. Kemarin MI ada 211 ditambah 1 jadi 212, lali RA ada 228 ditambah 1 jadi 229, lalu MTs ada 136 ditambah 1 jadi 137, dan MA dari 64 tahun ini tambah 4 jadi 68,” sebut Ruhani kepada Mitrapost.com.

Untuk informasi, penanggalan rapor akhir tahun pelajaran 2021/2022 berlangsung hingga 25 Juni mendatang. Libur tahun ajaran baru dilaksanakan pada 27 Juni hingga 17 Juli, sementara tahun ajaran baru 2022/2023 baru akan dimulai pada tanggal 18 juli. (*)

Komentar