oleh

Bansos Siswa di Pati Cair Bulan Ini, Cek Besarannya

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk siswa SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Pati kembali dicairkan oleh pemerintah bulan ini.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin, kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak & Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Pati, Tri Haryumi.

Diharapkan bantuan ini bisa membantu meringankan beban keluarga kurang mampu yang mempunyai anak bersekolah aktif.

Pencairan bulan ini adalah tahap kedua di tahun 2022. Disalurkan kepada siswa SD, SMP, dan SMA yang masuk dalam kategori Program Keluarga Harapan dan masuk dalam DTKS.

“kalau ini sudah tahap 2 termin 12 bulan Juni. Ketika sudah masuk DTKS punya komponen anak SD satu tahun dibagi 4 dapat bulan sekali,” ujarnya.

Baca Juga :   Masjid Agung Pati Tutup Selama PPKM Darurat

Setiap siswa mendapatkan uang tunai berbeda berdasarkan pada jenjang pendidikannya. Untuk siswa sekolah dasar (SD) dalam akan mendapatkan uang tunai Rp900 ribu per tahun, jenjang SMP Rp1.500.000 per tahun, dan untuk Jenjang SMA Rp2 juta per tahun.

Perlu diketahui, dalam bantuan PKH terdapat 7 kategori KPM yang berhak menerima dana sepanjang di tahun 2022.

Adapun tujuh kategori tersebut diantaranya kategori Ibu Hamil/Nifas, Kategori Anak Usia Dini (0 s.d. 6 tahun), Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat, Kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat, Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat, Kategori Penyandang Disabilitas Berat, dan Kategori Lanjut Usia.

“Ini untuk orang yang fakir miskin satu rumah 1 KK mendapat 4 maksimal. Kalau ada komponen 5 harus dikurangi 1 harus 4,” terangnya.

Baca Juga :   Harga Daging Ayam Naik, DPRD Pati: Sudah Jadi Tradisi Tahunan

Ditanya tentang berapa jumlah penerima BLT untuk siswa di Pati, Tri tidak bisa menyebutkan secara pasti. Pasalnya pencairan dilakukan dari pemerintah pusat. Sementara Dinas sosial hanya memndapatkan data keseluruhan para penerima PKH.

“Penerimanya tahun 2022 tahap 1 ada 57.758 segala usia. Kalau penerima golongan siswa ya di antara itu. Enggak bisa di cek, aplikasinya berubah tahun ini. Kita hanya dapat data keseluruhan,” tandas dia. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar