Ditutup 2 Pekan, Hari Ini 6 Pasar Hewan di Temanggung Dibuka Kembali

Temanggung, Mitrapost.com – Pemerintah kabupaten Temanggung telah melakukan penutupan enam pasar hewan selama dua minggu, lantaran merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Akan tetapi, enam pasar hewan tersebut kembali dibuka per hari ini, Kamis (23/6/2022).

Adapun enam pasar hewan yang kembali dibuka diantaranya adalah dua pasar yang dikelola Pemkab Temanggung yang berada di Ngadirejo dan Kranggan, kemudian pasar desa di Selopampang, Pringsurat, Kaloran, dan Gemawang.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Bidang Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung Muchlis mengatakan, dibukanya kembali pasar hewan dilakukan usai pedagang dan peternak mendapatkan edukasi terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), guna menyeleksi hewan yang akan diperjualbelikan, serta sosialisasi kepada masyarakat bahwa PMK tidak menular kepada manusia.

Baca Juga :   Jelang Iduladha, UPTD Puskeswan Pantau Pasar Hewan hingga Siapkan Juru Sembelih

“Jadi selama ini, kita edukasi kepada masyarakat dan pedagang bahwa PMK ini tidak menular ke manusia. Pedagang dan mayarakat sudah melakukan bio security, menjaga kebersihan dengan penyemprotan kandang, kendaraan, dan pasar hewan,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati