Dispertan Kabupaten Pati Berikan Tanggapan Perihal Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Pati, Mitrapost.com – Polemik di beberapa kelompok masyarakat perihal kelangkaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Pati, akhirnya mendapatkan respon dari Dinas Pertanian Kabupaten Pati.

Melalui Kepala Seksi Pupuk dan Pestisida Dispertan Kabupaten Pati, Aldonny Nurdiansyah menjelaskan perihal alokasi pupuk bersubsidi untuk wilayah Kabupaten Pati.

Ia menyebutkan bahwasanya pada tahun 2022, memang ada pengurangan dari pemerintah pusat atas kebutuhan yang diusulkan melalui sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

“Secara umum, pupuk bersubsidi bagi petani bukannya langka tapi masih kurang. Karena usulan petani belum bisa dipenuhi oleh pemerintah pusat,” katanya saat dihubungi oleh tim Mitrapost.com.

Berdasarkan penjelasan pada tahun 2022, usulan RDKK pupuk urea untuk wilayah Kabupaten Pati sebesar 54.173 ton. Namun pemerintah pusat hanya mampu mengalokasikan 40.552 ton atau sebesar 74.80 persen.

Baca Juga :   Video : Dispertan Kabupaten Pati Proyeksikan Kenaikan Jumlah Populasi Sapi Tahun 2021

Sedangkan usulan untuk jenis pupuk SP 36 sebanyak 927 ton, alokasi yang diberikan 832 ton. Jenis lainnya seperti ZA dan NPK juga mengalami pengurangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati