Klaten Gelar Vaksinasi PMK Serentak di 5 Wilayah Puskeswan

Klaten, Mitrapost.com – Pemerintah kabupaten Klaten menggelar vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) serentak di lima wilayah pusat kesehatan hewan (Puskeswan).

Berdasarkan keterangan dari Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten Triyanto, alokasi vaksin PMK yang diberikan untuk wilayah kabupaten Klaten adalah sebanyak 2.200 dosis, yang kemudian disalurkan ke lima wilayah Puskeswan.

“Saat ini proses skrining terus dilakukan untuk ternak yang akan divaksin. Sebanyak 2.200 dosis ini diprioritaskan untuk ternak sapi,” paparnya, Senin (27/6/2022).

Ia menjelaskan, vaksin tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Namun, jumlahnya belum mencukupi untuk populasi ternak sapi di Klaten yang mencapai 116 ribu ekor.

Baca Juga :   Pembangunan Rel Layang Jalur Kereta Api Joglo Ditarget Rampung 2023

Lanjutnya, vaksinasi PMK ini dikhususkan bagi ternak sapi dalam kondisi sehat.

“Vaksinasi PMK dikhususkan bagi ternak sapi yang sehat dan tidak tertular PMK, serta ternak yang masa pemeliharaannya lama, seperti pedet (anakan sapi) dan sapi betina,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati