Puasa-Puasa Sunnah yang Dianjurkan Dilaksanakan Jelang Idul Adha

Mitrapost.com – Menjelang hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah, ada beberapa puasa sunnah yang bisa dilaksanakan umat Islam. Puasa sunnah tersebut diantaranya, puasa Dzulhijjah, puasa Arafah, dan puasa Tarawiyah.

Amalan puasa sunnah tersebut, merupakan ajaran Rasulullah SAW dan juga tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas berikut.

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah).”

Puasa di bulan Dzulhijjah dapat dilaksanakan mulai tanggal 1 Dzulhijjah hingga 9 Dzulhijjah. Sedangkan tanggal 10 Dzulhijjah adalah hari yang diharamkan berpuasa karena merupakan perayaan Idul Adha.

Dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi Muhammad SAW mengatakan,“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijjah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya.”

Baca Juga :   Dewan Imbau Warga Pati Tetap Berprotokol Kesehatan saat Idul Adha

Niat puasa di bulan Dzulhijjah yaitu “nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala”. Artinya, “Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati