Kecamatan Mranggen Tercatat dengan Kasus DBD Terbanyak di Demak

Demak, Mitrapost.com – Kecamatan Mranggen tercatat sebagai wilayah dengan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terbanyak di kabupaten Demak.

Berdasarkan data yang ada, tercatat sebanyak 140 kasus di wilayah kabupaten Demak.

“Semua kecamatan ada kasus DBD, kasus yang paling banyak di kecamatan Mranggen, diikuti Wedung dan Demak Kota. Yang terendah di Kecamatan Dempet dan Kebonagung,” Kata Kurniawan Arifendi Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak saat di tanya di sela-sela pekerjaannya. Jum’at, (22/7/22).

Kurniawan menambahkan bahwa hingga kini, belum ditemukan kasus meninggal akibat DBD.

“Hingga saat ini tidak ada penambahan kasus kematian,” tambahnya.

Sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus DBD, Dinas Kesehatan memiliki strategi dalam pencegahan. Diantaranya adalah pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3M plus, pemberian larvasida untuk tempat-tempat penampungan air yang susah untuk di kuras.

Baca Juga :   Bupati Monitoring Bendung Karet Kalijajar, Guna Hadapi Musim Kemarau

“Kemudian strategi gerakan satu rumah satu jumantik (G1R1J), di mana setiap rumah maupun perkantoran ada petugas yang selalu memastikan penampungan airnya tidak ada jentik dan fogging bila diperlukan. Fogging digunakan untuk memutus rantai penularan DBD bila memenuhi syarat, akan tetapi harus di barengi dengan PSN,” Jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati