4 Amalan pada Bulan Muharram, Dapat Pelipatgandaan Pahala

Mitrapost.com – Terdapat banyak amalan yang dapat dilakukan pada bulan Muharram. Bulan tahun baru Islam ini dimaknai sebagai pelipatgandaan amalan yang dilakukan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Imam Baihaqi dalam Khazanah Islam Klasik, hal ini dilandasi dari salah satu riwayat hadits yang diceritakan oleh Ibnu Abu Bakrah. Ia berkata, Rasulullah menyebut bulan Muharram adalah salah satu bulan Haram, dan bersabda;

“Maka sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan kalian semua haram (mulia) atas kalian seperti mulianya hari ini, di negeri ini, dan di bulan ini. Dan sesungguhnya kalian akan menghadap Tuhanmu sekalian dan Dia akan bertanya kepada kalian tentang amal perbuatkan kalian,” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga :   Doa Saat Gempa Bumi Mengguncang

Kemudian, amalan apa saja yang dapat dilakukan selama bulan Muharram ini? Berikut beberapa amalan sunnah di bulan baik;

1.Zikir

Bulan baik dengan beberapa peristiwa besar dalam Islam ini dapat diisi dengan beberapa kegiatan yang menambah ketakwaan. Salah satunya adalah dengan mengingat Allah SWT atau berdzikir. Hal tersebut sesuai dalam Al Quran surat Al Ahzab 41-42;

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati