oleh

DPRD Pati Gelar Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Presiden

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati menggelar Rapat Paripurna dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Pati, Selasa (16/8/2022).

Dalam Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin dan dihadiri oleh Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, para Wakil DPRD Kabupaten Pati, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta anggota DPRD Kabupaten Pati.

Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin mengatakan, Rapat Paripurna digelar dalam dua sesi yakni untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022 dan mendengarkan pidato Presiden RI dalam rangka penyampaian pengantar  atau keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN tahun anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya.

Baca Juga :   Reses Fiktif Anggota DPRD di Sulsel Rugikan Rp 2,9 M

“Hari ini ada dua sesi yakni sesi pertama pukul 10.12 WIB dan 13.30 WIB,” terangnya saat memimpin Rapat Paripurna.

Ia menambahkan, Rapat Paripurna ini terselenggara berdasarkan keputusan Bupati Pati nomor 050/56+3 tahun 2022 tanggal 13 Juli 2022 tentang pembentukan panitia peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dan hari jadi Kabupaten Pati ke-699.

Semantara itu, Presiden Joko Widodo mengungkapkan, bahwa Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global yang terjadi, seperti pandemi Covid-19 dan perang yang terjadi di Ukraina.

“Ditengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini,” kata Presiden Joko Widodo saat memberikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Baca Juga :   Warga Minta Pemilihan Kadus Dipilih Langsung, Dewan Pati: Harus Sesuai Peraturan

Menurutnya, negara Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19. Indonesia termasuk 5 negara besar dengan vaksinasi terbanyak di dunia dengan 432 juta dosis vaksin yang telah disuntikkan.

“Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen. Angka ini jauh dibawah rata-rata inflasi Asean yang berada di angka 7 persen dan berada jauh dibawah rata-rata inflasi negara maju yang berada di angka 9 persen,” jelasnya.

Bahkan di pertengahan tahun ini, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) surplus. (*)