oleh

1 Desa di Karangtengah Demak Dijadikan Sebagai Pilot Project Kampung Pelangi

Demak, Mitrapost.com – Salah satu desa yang terletak di kecamatan Karangtengah, kabupaten Demak dijadikan sebagai pilot project Kampung Pelangi.

Adapun desa yang ditetapkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Demak untuk rencana pembangunan Kampung Pelangi adalah desa Tambak Bulusan.

Pembangunan kampung pelangi sebagai wisata pendukung destinasi pantai Istambul (Istana Tambak Bulusan), serta sebagai pendukung wisata belanja pusat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Menurut Kabid Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Ardhito Wibowo, Kampung Pelangi dibangun guna mendukung pariwisata Pantai Istambul. Selain itu, Kampung Pelangi ini juga akan dijadikan sebagai tempat pemusatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di wilayah tersebut.

Baca Juga :   Kasus PMK di Kabupaten Demak Alami Kenaikan

“Artinya pelangi kan bermacam-macam ya, seperti merah, kuning, hijau, biru dan lain-lain. Hal itu dimaksudkan ada bermacam-macam klaster. Ada klaster makanan, ada klaster UMKM, ada klaster hasil laut atau tambak, sehingga dinamakan kampung pelangi,” kata Ardhito saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/08/22).

Masih dari keterangannya, nantinya perencanaan pembuatan Kampung Pelangi ini, dengan memanfaatkan bangunan yang sudah ada. Kemudian, dicat warna-warni layaknya pelangi, serta disesuaikan klasternya.

“Jadi bangunan yang ada, pada satu kampungnya dicat secara pelangi. Nanti ada klaster-klaster di beberapa dukuhlah yang macam macamnya tadi seperti pelangi,” terangnya.

Sementara itu, untuk Master Plan pembangunannya, Detail Enginering Design (DED) sudah dibuat, tinggal menunggu pelaksanannya saja.

Baca Juga :   Berjalan Sukses, Penanaman Satu Juta Mangrove oleh Polda Jateng Pecahkan Rekor MURI

Realisasi kampung pelangi awalnya akan dilaksanakan di tahun 2022, namun dikarenakan adanya refocusing anggaran di tahun ini maka pelaksanaannya menjadi tertunda di tahun 2023.

“Sebenarnya tahun ini mau kita laksanakan namun karena direfocusing, anggarannya tidak ada, maka kita mencoba untuk dianggarkan kembali di tahun 2023,” pungaksnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral