Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Jokowi Luncurkan Food Estate di Gresik

Gresik, Mitrapost.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan lumbung pangan (food estate) berbasis mangga, di Kabupaten Gresik, siang ini, Senin (22/8/2022).

Lumbung pangan tersebut nantinya langsung terintegrasi dengan sistem pengairan atau irigasi. Ia pun berharap adanya lumbung pangan tersebut mampu meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah tersebut.

Lahan yang akan ditanami mangga itu seluas 1.000 hektar. Ada empat kecamatan yang dipilih oleh Presiden.

“Hari ini saya berada Kabupaten Gresik untuk melakukan penanaman mangga di kurang lebih total 1.000 hektare di empat kecamatan. Kita harapkan ini food estate ini, ada yang milik rakyat, ada yang milik swasta dan kita ingin itu terintegrasi dengan embung yang dibangun di sini, ada embungnya, ada food estate-nya, masyarakat bisa dapat, swasta juga bisa bergerak,” ujar Presiden.

Baca Juga :   BPP Gabus Siap Menjadi Fasilitator Diklat Gerakan Food Estate

Presiden memperkirakan dalam tiga tahun ke depan tanaman mangga di lumbung pangan dapat dipanen untuk memenuhi kebutuhan pasar, baik domestik maupun ekspor. Tak hanya di Gresik, lumbung pangan serupa juga akan dikembangkan di wilayah lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati