oleh

Pendaftaran Panwascam Pati Ditutup, 643 Orang Akan Bersaing di Tes CAT

Pati, Mitrapost.com – Pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Pati sudah resmi ditutup. Tercatat sebanyak 643 orang ikut terdaftar mengikuti seleksi.

Ribuan pendaftar tersebut terdiri dari 410 orang pria dan 233 orang wanita. Sebelumnya para pendaftar telah menyerahkan berkas pendaftaran baik secara langsung, melalui Pos maupun online.

Karto, kepala Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Pati mengungkapkan, jumlah pendaftar tahun ini surplus dari formasi yang dibutuhkan.

Jumlah anggota Panwascam di Kabupaten Pati yang dibutuhkan hanya 63 orang untuk ditempatkan di 21 kecamatan. Artinya setiap kecamatan hanya membutuhkan 3 Panwascam.

“Menurut saya animonya tahun ini sangat luar biasa, meningkat dibandingkan Pemilu tahun 2019. Kemarin cuma 200-an,” ujar Karto saat diwawancara mitrapost.com.

Baca Juga :   Berpotensi Banjir Bandang, BPD Lakukan Pelatihan Penanganan Bencana di 5 Desa

Data para pendaftar selanjutnya akan diverifikasi administrasi untuk penelitian kesesuaian berdasarkan syarat pendaftaran.

Bagi pendaftar yang berkas administrasinya tidak sesuai dengan ketentuan, maka akan dinilai tidak memenuhi syarat dan tidak bisa melanjutkan ke proses seleksi selanjutnya.

Sementara bagi yang lolos seleksi administrasi dapat mengikuti proses tes CAT dan seleksi wawancara seputar materi pengetahuan umum, integritas kerja, dan kepemiluan.

Dengan membludaknya jumlah pendaftar, menurut Karto, persaingan seleksi Panwascam tahun ini akan cukup ketat. Mengingat secara kuantitas jumlah pendaftar tahun ini jauh dibandingkan rekrutmen tahun 2019. Terlebih para pendaftar didominasi oleh kaum milenial. (*)