oleh

Manfaat Sayur Bayam Bagi Tubuh

Mitrapost.com – Manfaat sayur bayam sangat banyak. Jika Anda suka mengonsumsi sayur ini, Anda akan merasakan banyak manfaat.

Bayam sendiri mudah ditemukan di Indonesia. Anda bahkan bisa menanamnya sendiri dengan mudah. Sayur ini merupakan bagian dari keluarga chenopodiaceae sebagaimana bit, lobak, dan quinoa.

Kandungan nutrisi dalam 80 gram bayam mentah diantaranya 20kkal/82KJ, 2.2g protein, 0.6g lemak, 1.3g karbohidrat, 2.2g serat, 136mg kalsium, 1.68mg zat besi, 91mcg folat, 21mg vit C.

Manfaat sayur bayam diantaranya adalah sebagai berikut.

Memelihara pengelihatan

Daun bayam mengandung klorofil dan karotenoid yang menyehatkan, seperti tbeta karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Sayur bayam memiliki manfaat menjadi anti-inflamasi dan anti-kanker, fitonutrien tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, membantu mencegah degenerasi makula, hingga mencegah katarak.

Memulihkan Energi Tubuh

Sebagaimana yang digambarkan dalam kartun, bayam memang dianggap sebagai tanaman yang dapat memulihkan energi, meningkatkan vitalitas hingga bisa meningkatkan kualitas darah.

Kandungan zat besi dalam bayam berperan dalam fungsi sel darah merah dan membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, mendukung produksi energi hingga sintesis DNA.

Namun perlu diingat, bahwa memasak bayam terlalu lama dapat menyebabkan asam oksalat aktif. Sehingga memasak atau memanaskan ulang bayam tidak dianjurkan.

Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

Bayam juga memiliki senyawa nitrat yang berguna dalam meningkatkan aliran dan tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah, mengurangi kekakuan arteri serta mendukung pelebaran.

Karena bisa menurunkan tekanan darah maka risiko terkena penyakit jantung dan stroke juga akan rendah.

Penelitian juga mengungkap bahwa senyawa nitrat bisa meningkatkan peluang hidup saat mengalami serangan jantung.

Mendukung Pertumbuhan Tulang

Bayam juga mengandung vitamin K yang menjadi sumber magnesium, kalsium, dan fosfor. Di mana kandungan ini penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Jika Anda ingin memiliki pertumbuhan tulang yang baik, maka Anda bisa mengonsumsi bayam.

Melindungi Dari Kanker

Sayur bayam sarat akan senyawa pelindung bernama polifenol, yang memiliki sifat anti kanker.

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun penderita batu ginjal sebaiknya berhati-hati dalam konsumsi bayam.

Hal ini dikarenakan bayam mengandung oksalat yang tinggi, sehingga orang dengan riwayat batu ginjal yang mengandung oksalat harus membatasi konsumsinya.

Demikian manfaat sayur bayam bagi tubuh. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral