oleh

Menilik Pasar Juwana Baru yang Berdiri dari Tahun 1904 hingga Sekarang

Pati, Mitrapost.com – Juwana adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pati, Kecamatan juwana merupakan kota di pesisir utara Pulau Jawa yang terletak di jalur pantura dan menghubungkan Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang.

Pasar Juwana dibangun pada tahun 1904 saat Indonesia masih dijajah oleh Belanda, pasar tersebut terletak di sebelah selatan Alun-alun Juwana tepatnya di Desa Doropayung. Kemudian pada tahun 1995 pindah dan terletak di Desa Growong Jalan Raya Pati – Juwana, Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah.

“Iya pasar Juwana dulunya kan di sebelah selatan alun-alun mbak, deretan yang sekarang dijadikan ruko-ruko itu.”ucapnya.

Perlu diketahui sebelumnya, pasar juwana pernah terbakar pada tahun 2005, karena terjadinya korsleting listrik. Hal ini dituturkan oleh Kusnandar (47) sebagai Kepala Pasar Juwana, Selasa (04/10/22)

Baca Juga :   Penjual Selongsong Ketupat di Pasar Juwana Sepi Pembeli

“Iya ini dulu waktu kebakaran kan ludes semua pasarnya mbak, gara-gara konslet listrik.”ucapnya saat ditemui di kantor oleh Mitrapost.com pagi ini.

Ia menuturkan, pasar Juwana mengalami kebakaran pada awal tahun 2005 yang menyebabkan seisi pasar ludes tak tersisa. Kemudian mulai dilakukan proses pembangunan lagi pada pertengahan tahun 2005 oleh pemerintah.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut, untungnya tidak ada korban jiwa tetapi kerugian yang dihitung bisa mencapai ratusan juta dikarenakan deretan kios-kios habis terbakar semua beserta isinya.

Setelah dibangun pada tahun 2005 dan selama pengerjaan kurang lebih dua tahun, lalu pada tahun 2008 sudah mulai ditempati dan yang dulunya namanya Pasar Juwana sekarang dirubah menjadi Pasar Juwana Baru.

Baca Juga :   Dewan Pati Minta Disdagperin Tertibkan Pedagang Tepi Jalan Pasar Juwana

Dengan Luas lahan pasar 15.587 M persegi, status kepemilikan lahan tanah pemerintah kabupaten dengan peruntukan lahan sesuai RT dan RW setempat. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral