Proyek IKN Kini Hadir dalam Platform Metaverse

Mitrapost.com – Presiden Joko Widodo meluncurkan metaverse khusus Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bernama Jagat Nusantara. Platform digital itu dikelola oleh tim yang dikepalai mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama Kusubandio. Platform itu diluncurkan di Jakarta.

IKN baru nantinya juga akan dirancang dalam bentuk dunia virtual yang tidak memiliki batas. Dengan adanya metaverse, nantinya visualisasi calon IKN baru tidak lagi dilakukan dalam bentuk maket atau hologram. Pembuatan metaverse IKN, tambahnya, merupakan salah satu wujud dari kemajuan teknologi.

Menteri yang juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga menyampaikan bahwa nantinya rujukan teknis hanya akan dimuat dan diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres), bukan RUU IKN.

Baca Juga :   Banyak Investor dari Uni Emirat Arab yang Minat Danai Pembangunan IKN

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai proyek IKN yang kini hadir dalam platform metaverse :

 

IKN Hadir Dalam Platform Metaverse

 

  1. Mengenal Apa Itu IKN?

IKN adalah singkatan dari Ibu Kota Negara baru, Nusantara. Istilah IKN digunakan karena lebih singkat dan mudah untuk disebutkan. Istilah IKN telah banyak digunakan dalam pembahasan mengenai ibu kota negara yang baru, mulai dari perencanaan, eksekusi pembangunan, hingga Rancangan Undang-Undangan Ibu Kota Negara (RUU IKN) sebagai payung hukum pembangunan IKN.