oleh

Ajak Lestarikan Hutan, DPRD Pati Gaet BPDAS

Pati, Mitrapost.com – Gundulnya hutan di kawasan Kabupaten Pati yang seringkali menimbulkan bencana banjir saat musim hujan, Endah Sri Wahyuningati selaku Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, menggandeng Balai Pelestarian Daerah Aliran Sungai (BPDAS).

Sinergitas itu di kelas dalam seminar sosialisasi di Hotel New Merdeka, Kamis (24/11/2022), yang dihadiri Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro serta tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Endah Sri Wahyuningati mengaku sangat prihatin dengan gundulnya kawasan hutan di Kabupaten Pati ini, maka dari itu sosialisasi ini dilangsungkan.

Dengan adanya sosialisasi seperti itu, diharapkan masyarakat dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap konservasi kawasan hutan.

“Untuk jangka panjang, kita berharap ini bisa menjadi proses alam dalam menahan air. Sehingga banjir dan tanah longsor bisa kita minimalisir atau kita cegah,” ucapnya, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga :   Potensi Bencana Kekeringan di Pati Tahun Ini Turun 90 Persen

Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) itu menyarankan, supaya konservasi hutan ini tidak harus menanam jati, melainkan bisa diganti dengan sengon, manggis, alpukat, dan sebagainya.

“Tanaman sengon dan alpukat, karena mungkin masa tumbuhnya yang tidak terlalu lama. Begitu pula sengon, secara teknis bisa menahan air untuk penanggulangan curah hujan. Kalau di Patiayam ada otomatis di Kendeng juga harus ada,” pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir pula Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Pati, Sudarno dan juga DPR-RI, Firman Soebagyo yang hadir secara virtual. (Adv)