Setelah Resmi Dilantik, PPS Rembang Segera Bentuk Pantarlih

Rembang, Mitrapost.com – Setelah meresmikan pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) secara serentak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang menugaskan PPS untuk membentuk Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Ketua KPU Kabupaten Rembang, M. Ika Iqbal Fahmi mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera melaksanakan pemutakhiran penetapan data pemilih dengan membentuk Pantarlih. Pembentukan Pantarlih direncanakan pada tanggal 26 Januari 2023.

Panitia pemutakhiran data pemilih merupakan petugas yang dibentuk untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilihan Umum (Pemilu).

“Sebentar lagi kita akan melakukan pemutaran penetapan data pemilih mulai tanggal 26 Januari kita akan membentuk Panitia Pendaftaran Pemeluh (Pantarlih) melanjutkan dan mempersiapkan Pemilu,” ucap Iqbal.

Baca Juga :   PPS di Kota Rembang Dilantik Secara Daring oleh KPU

Sebagai informasi, Pantarlih dibentuk oleh panitia pemungutan suara (PPS) dan berkedudukan di lingkungan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Setiap TPS memiliki satu orang Pantarlih yang diangkat oleh PPS atas nama KPU Kabupaten. Pantarlih dapat berasal dari perangkat kelurahan atau desa, rukun warga, rukun tetangga, dan warga masyarakat.

Seleksi penerimaan Pantarlih dilakukan secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, dan kemandirian calon Pantarlih.

Kemudian, KPU Rembang melalui Pantarlih akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pasca penetapan daftar pemilih tetap. Hal ini sesuai tahapan Pemilu.

Pelaksanaan coklit sendiri direncanakan pada tanggal 6 Februari 2023. Kegiatan coklit yang dilakukan oleh Pantarlih dalam pemutakhiran data pemilih dengan cara mendatangi pemilih secara langsung.

Baca Juga :   PPS di Kota Rembang Dilantik Secara Daring oleh KPU

“Insyaallah 6 Februari pencocokan dan penelitian (coklit). Coklit ke masyarakat akan dilaksanakan untuk itu, tidak ada lagi kata istirahat setelah teman-teman langsung gas berkoordinasi dengan desa,” tandasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral