Tips Mencegah DBD yang Bisa Dilakukan Masyarakat

Mitrapost.com – Dalam mencegah kasus demam berdarah dengue (DBD) terjadi, ada berbagai upaya yang bisa dilakukan masyarakat.

Menurut Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), Prof. Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp. A., masyarakat bisa melakukan vaksinasi dan tetap menerapkan 3M yaitu menguras, menutup, dan mengubur.

“Kita tahu ada upaya pencegahannya, ada vaksinnya. Dengue itu ada vaksinnya. Vaksinasi itu juga salah satu upaya yang bisa diintegrasikan dengan upaya-upaya pembersihan sarang nyamuk, jentik, edukasi, dan vaksin,” jelasnya dilansir dari Tempo.

Selain itu, hal yang penting ada adalah kesadaran dari para masyarakat dalam menjaga kebersihan. Terutama menjaga agar genangan air tak menjadi sarang berkembangbiak nyamuk.

Pasalnya, nyamuk senang berkembangbiak di tempat genangan air yang jernih tanpa sinar matahari bukan air seperti air comberan.

“Kesadaran masyarakat juga penting karena di Jakarta ini sampai hari ini masih ada kasus DBD, karena orang Jakarta senang melihara nyamuk. Ada air jernih tergenang. Dia hidupnya di air jernih yang tergenang, tidak kena sinar matahari, tidak berhubungan dengan tanah, bukan air comberan,” paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati