Loket BPJS Kesehatan Cabang Pati Jadi Favorit Masyarakat di Mal Pelayanan Publik

Pati, Mitrapost.com – BPJS Kesehatan terus berusaha meningkatkan mutu layanan dari segala aspek, salah satunya di sektor layanan kepesertaan. Dengan inovasi yang dihadirkan, kanal layanan kepesertaan tidak hanya dihadirkan di kantor BPJS Kesehatan, namun masyarakat kini bisa mengaksesnya juga di luar kantor. Termasuk di dalamnya adalah loket BPJS Kesehatan yang berada di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pati.

“Loket pelayanan di Mal Pelayanan Publik bertujuan untuk memberi kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati, Wahyu Giyanto dalam tinjauannya di MPP Kabupaten Pati, Rabu (22/02) kemarin.

Hadir sebagai MPP ke-33 di Indonesia dengan konsep pelayanan yang terbuka dan mengutamakan kenyamanan masyarakat, MPP Kabupaten Pati berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan menyatukan 305 layanan perizinan dalam 22 gerai yang terdiri dari 13 OPD dan 9 instansi vertikal.

Baca Juga :   BPJS Kesehatan Cabang Pati Launching Sistem Antrian Online

Wahyu menjelaskan, sebagai badan publik yang memberikan pelayanan terhadap seluruh masyarakat, pemberian layanan kepada peserta sudah menjadi kewajiban BPJS Kesehatan. Selain di MPP, sebagai bentuk kemudahan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya juga menyediakan layanan melalui inovasi Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) dan juga BPJS Kesehatan Care Center melalui telepon 165.

“Tak hanya pelayanan offline, kini BPJS Kesehatan juga telah berfokus menghadirkan pelayanan melalui online. Peserta JKN bisa memanfaatkan layanan digital, di mulai dari PANDAWA, Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interractive JKN (VIKA), BPJS Kesehatan Care Center 165 hingga melalui aplikasi Mobile JKN. Harapannya, dengan adanya inovasi layanan digital BPJS Kesehatan, peserta bisa mendapatkan pelayanan dengan mudah tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan,” tambahnya.

Dalam satu bulan terakhir, loket BPJS Kesehatan di MPP Kabuaten Pati sudah diakses oleh 143 peserta. Ia mengatakan, dari jumlah tersebut peserta JKN mengakses berupa layanan administrasi seperti pendaftaran peserta baru, penambahan atau pengurangan anggota keluarga, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), perubahan kelas rawat, perubahan identitas, peralihan jenis kepesertaan, permintaan informasi serta penanganan pengaduan atau keluhan.

Baca Juga :   Video : BPJS Kesehatan Cabang Pati Launching Sistem Antrian Online

Sementara itu, Koordinator MPP Kabupaten Pati, Suratni menyampaikan, BPJS Kesehatan merupakan salah satu layanan publik yang banyak dicari oleh masyarakat. Dengan keberadaan MPP di Kabupaten Pati ini diharapkan mampu mengkolaborasikan pelayanan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sehingga masyarakat mudah untuk mengakses dalam satu pintu melalui MPP.

“Loket BPJS Kesehatan merupakan salah satu favorit masyarakat, jadi kami harap loket ini tetap terus dijalankan oleh teman-teman dari BPJS Kesehatan,” tambah Ninik, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ngatmi (52) salah satu peserta yang datang untuk mencari informasi seputar JKN di MPP merasa terbantu. Dirinya juga megapresiasi pelayanan yang dihadirkan di MPP Kabupaten Pati, khususnya BPJS Kesehatan karena petugas loket dianggap ramah dan informatif. Tak hanya itu, menurutnya, informasi yang disampaikan sangat jelas dan mudah dipahami, sehingga dirinya tidak ragu untuk menjadi peserta JKN.

Baca Juga :   MPP Sragen Mulai Buka Pelayanan Administrasi Serta Perizinan

“Saya belum pernah terdaftar sebagai peserta JKN. Di sini saya awalnya mau tanya-tanya dulu persyaratannya tetapi saya sudah persiapan bawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Ternyata malah langsung bisa didaftarkan. Dua minggu lagi tinggal saya bayar dan aktif bisa digunakan,” katanya.

Layanan MPP buka pada hari Senin – Kamis pada pukul 08.30 – 14.00 WIB (istirahat 12.00 – 13.00 WIB) dan Jumat pada pukul 08.30 – 13.00 WIB (istirahat 11.30 – 12.30 WIB). (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati