Sambut Ramadan 1444 H, Masyarakat Kelurahan Suryatmajan Yogyakarta Gelar Tradisi Ruwahan

Mitrapost.com – Menyambut Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriyah, masyarakat Kelurahan Suryatmajan Kota Yogyakarta menggelar tradisi Ruwahan.

Kegiatan adat dan budaya tahunan ini diramaikan oleh warga enam kampung se-Kelurahan Suryatmajan.

“Ruwahan atau Nyadran ini merupakan kegiatan adat dan budaya tahunan, yang dilaksanakan setiap tanggal 14 Ruwah atau Jawa, untuk menyambut datangnya bulan Ramadan,” kata Lurah Suryatmajan, Weda Satriya Negara, saat kegiatan Ruwahan.

Adapun enam kampung yang mengikuti tradisi Ruwahan ini diantaranya adalah kampung Cokrodirjan, Gemblakan Bawah, Gemblakan Atas, Ledok Macanan, Sosrokusuman dan Suryatmajan.

“Dari enam kampung yang ada di Kelurahan Suryatmajan, masing-masing membawa apem, ketan, kolak, dan ditambah ulu bekti yang diberikan ke kelurahan untuk didoakan bersama. Itu sebagai perwujudan rasa syukur dari masyarakat,” terangnya.

Baca Juga :   Simpatik Pasar, Mudahkan Pedagang di Kota Yogyakarta

Weda menjelaskan, makna Ruwahan menyambut bulan Ramadan ini merupakan bagian dari memanjatkan doa agar ibadah puasa nanti berjalan lancar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati