Menelusuri Sejarah Pertempuran 5 Hari di Semarang

Semarang, Mitrapost.com – Pertempuran lima hari di Semarang memiliki banyak kisah menarik untuk ditelisik. Peristiwa yang sering disebut Palagan 5 Dina ini terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada 15-19 Oktober 1945.

Peristiwa ini termasuk dalam rangkaian sejarah kemerdekaan Indonesia seiring kekalahan Jepang dari Sekutu di Perang Dunia II. Serta menjadi peristiwa yang menggambarkan kegigihan pahlawan demi mempertahankan kemerdekaan.

Peristiwa heroik tersebut menjadi sejarah yang memacu rasa nasionalisme dan patriotisme warga Kota Semarang. Sehingga setiap bulan Oktober menjadi momentum istimewa bagi pegiat sejarah Kota Semarang dalam mempelajari lebih jauh sejarah Pertempuran Lima Hari di Semarang.

Ingin tahu sejarah lengkapnya ? Berikut ulasannya :

Baca Juga :   News Grafis : Bus Trans Jateng Rute Semarang-Grobogan Resmi Diluncurkan

1. Latar Belakang Sejarah

Pasca Bung Karno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Ternyata, masih banyak prajurit Jepang yang belum pulang ke negaranya lantaran belum kondisif setelah Kaisar Hirohito (pemimpin Jepang) menyerah kepada sekutu. Banyak serdadu Jepang yang dipekerjakan, misalnya di pabrik-pabrik atau sektor lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati