BPS Belum Bisa Proyeksikan Angka Kemiskinan Tahun Depan

Diketahui bahwa di tahun 2018 ke tahun 2019 angka kemiskinan Pati mengalami penurunan. Jika di tahun 2018 ada 9,9% warga yang dikategorikan miskin, jumlahnya menurun menjadi 9,4% di tahun 2019.

Anas menjelaskan, kemiskinan yang dimaksud adalah himpunan data yang diambil secara makro, bukan mikro. Sedangkan indikator kemiskinannya adalah tingkat konsumsi masyarakat terhadap makanan dan non makanan.

“Kemiskinannya yang kami data bersifat makro, bukan bersifat mikro. Jadi kita lihat dari konsumsi masyarakat bukan seperti sensus penduduk. Bukan untuk kemiskinan tapi keadaan sosial ekonomi. Termasuk nilai konsumsi,” jelas Anas.

Informasi angka kemiskinan sangat diperlukan, khususnya dalam perencanaan pembangunan dan alokasi bantuan kepada penduduk miskin baik oleh pihak pemerintah, swasta maupun lembaga donor Internasional. Juga untuk indikatornya konsumsi, konsumsi makanan dan konsumsi non makanan.

Baca Juga :   Sejak New Normal, Satpol PP Temukan 610 Warga Pati Langgar Protokol Kesehatan

Ketersediaan profil kemiskinan kabupaten/kota menjadi sangat penting agar kebijakan program penanggulangan kemiskinan menjadi tepat sasaran dan dapat difokuskan sesuai dengan kebutuhan penduduk miskin tersebut. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati