Petani Pati Perlu Diajarkan Analisis Menanam Porang

Jika dianalisis, permintaan porang sangat tinggi. Dimulai dari lokal maupun mancanegara. Hal ini memberikan kesempatan bagi petani untuk semakin melakukan inovasi pertaniannya agar tidak hanya menanam tanaman yang monoton.

Baca Juga: Petani Mulai Minati Budidaya Porang, Perlu Ada Kebijakan Strategis

Akan tetapi, hingga kini petani porang masih terkendala penjualan. Pasalnya, di Jawa Tengah masih minim pembeli porang dari petani.

Perlu diketahui, selama ini Kabupaten Pati mempunyai mitra dua pabrik penerima porang mentah. Yaitu PT. Ambiko dari Banyuwangi dan PT. Prima Konjak dari Madiun. Selain itu, tanaman porang juga masih dijual-belikan secara online di media sosial.

Namun dilain pihak industri ini belum dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh indutsri di dalam negeri, dari data yang di dapat 90% hasil porang adalah untuk pasar ekspor. Sebagian besar produk porang yang diekspor adalah berupa chips porang dan tepung. (*)

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Kabupaten Pati, Selasa 27 Juli 2021

Baca Juga:

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati