Singget, Desa Tak berpenghuni di Jakenan

Taufik, seorang kiyai di Jakenan juga menambahi jika beberapa tahun lalu ada mubaligh yang berceramah di sana, mubaligh tersebut mengaku berceramah di depan orang banyak.

“Katanya orang-orang Singget ramah-ramah antusias ikut pengajian. Pakaiannya putih-putih,” cerita taufik.

Baca juga: Empat SD di Pati Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Ajib menceritakan, sejarah Desa Singget baru terekspose detail sejak tahun 2020, setelah kiyai Kholil Anwar dari Desa Karangjati, pengasuh Pondok Pesantren Riyadhus Shalihin, menelusuri sejarah wali dan penduduk Desa Singget melalui jalan ruhani dan dan penelusuran sejarah.

“Berawal dari cerita orang tua dulu ada makam wali dari kiyai Kholil Anwar mencari nasab dari segi ruhani dan sejarah, setelah ditembus dari gurunya Pak Yai. Bisa terlihat ada walinya namanya Syekh syarifudin bin Komarudin keturunan Syeh Jangkunh Kayen,” ceritanya.

Baca Juga :   Dispertan Kabupaten Pati Proyeksikan Kenaikan Populasi Sapi Potong Tahun 2021

Saat ini makam yang dikukuhkan sebagai makam wali di Singget ramai diziarai orang, hingga didoakan seminggu sekali. Kini kesan Singget sebagai Desa Mistis perlahan pudar.(*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati