Singgah di Pelabuhan Cilacap, KRI Bima Suci Akan Dibuka Untuk Masyarakat

“Kita melewati 13 pelabuhan, Cilacap ini adalah pelabuhan ke-11. Mulai dari Surabaya, Labuan Bajo, Tual, kita sempat singgah di Papua Nugini, Jayapura, Raja Ampat, Morotai, Sebatik perbatasan Indonesia-Malaysia, Tarakan, Natuna, Sabang, Nias kemudian sekarang Cilacap. Senin akan ke Bali dan kembali ke Surabaya.” Jelas Dansatgas KJK Letkol Laut (P) Waluyo.

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Akademi Angkatan Laut Laksma TNI Syamsul Rizal mengatakan jika latihan praktik kali ini membawa misi pelatihan astronomi untuk para Taruna AAL.

“Taruna disini mempraktekkan teori-teori yang didapat selama di akademi, khususnya pelayaran astronomi. Yaitu mencari posisi-posisi kapal dengan menggunakan referensi perbintangan.” Ungkapnya.

Lebih lanjut Syamsul Rizal menjelaskan bahwa rute yang dijalani KRI Bima Suci kali ini merupakan rute alternatif. “Harusnya ke Australia, Rusia, dan Belanda. Tapi karena Juli kemarin Covid sedang tinggi-tingginya, jadi kita keliling Indonesia selama 99 hari.” Kata Syamsul Rizal menambahkan.