Lukisan Unik di Atas Daun Bodhi, Berikan Kesan Natural dan Eksotis

Setelah siap, maka tulang daun tersebut bisa dilukis atau digambar dengan menggunakan pensil 8B atau dengan Krayon warna. Sedangkan untuk membatik, menggunakan pewarna pasta.

“Dalam proses melukis cukup digoreskan saja jangan ditekan, karena tulang daun Bodhi ini rapuh rawan patah,” jelas Budiyono.

Adapun pemilihan daun Bodhi ini dikarenakan, lokasi workshop Galeri Godong Pawon, berada di Jl. Candi Pawon Brojonalan Borobudur, dekat dengan Candi Pawon yang merupakan Candi Buddha. Yang juga melayani edukasi melukis daun Bodhi kepada wisatawan.

“Dalam sejarah Agama Budha, Sang Budha Gautama menerima pencerahan saat berada di bawah pohon Bodhi, sehingga daunnya cocok digunakan sebagai media seni di wilayah Candi Pawon. Sebenarnya ada daun lain yang juga bisa digunakan, yaitu daun Sirsak,” tutur Budiyono.

Baca Juga :   Kota Magelang Masuki PPKM Level 1, Tracing Terus Dilakukan

Setelah dilukis atau Digambar, daun Bodhi tersebut bisa dipigura sebagai pajangan yang menarik tentunya.

“Bisa digambar bebas seperti pemandangan alam atau apapun. Kalau saya lebih suka menggambar relief Candi Borobudur. Di samping itu saya juga membudidayakan pohon Bodhi agar lebih mudah mencari bahan baku sendiri,” pungkas Budiyono. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati